•  
  • Website Resmi RSUD ULIN Banjarmasin

PENGUMUMAN PEMENANG LELANG KSO LIS
Sabtu, 29 Oktober 2016 - 08:52:33 WITA
IZIN PEGELOLAAN LIMBAH BERBAHAYA DAN BERACUN DI RSUD ULIN BANJARMASIN TERBIT
Diposting oleh : Pramono
Kategori: Kegiatan - Dibaca: 137 kali


 
 
 
 
 
 
 
Oleh :
Rachmad Arifuddin
(Kepala Instalasi Sanitasi RSUD Ulin Banjarmasin)

 
 
 
 
 
 
 
Syukur Alhamdulillah, Operasional Insinerator SLI-2 RSUD Ulin banjarmasin telah memiliki Izin secara resmi, setelah melalui proses yang panjang maka terbitlah Surat Keputusan NomorSK.760/Menlhk/Setjen/PLB.3/9/2016 tentang Izin Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun Untuk Kegiatan Pengelolaan Limbah B3 atas nama Rumah Sakit Umum Daerah Ulin.

Insinerator SLI-2 yang dimiliki RSUD Ulin dibangun mulai semester ke dua tahun 2014 dan selesai pada awal tahun 2015, apakah berarti sejak selesai pembangunan, running test hingga keluarnya izin tersebut RSUD Ulin melakukan operasional Insinerator SLI-2 tanpa izin ? ya, memang belum ada SK Izin nya, namun sudah dengan sepengetahuan pihak2 yang terkait seperti BLH Kota Banjarmasin, BLHD Provinsi Kalimantan Selatan dan KLHK sendiri.

Selama proses perizinannya memerlukan banyak dokumen pendukung, mulai dari AMDAL, RKL-RPL, Izin lokasi, Izin TPS Limbah B3 dll, selain itu kualitas Insineratornya sendiri harus terus dievaluasi melalui uji emisi. selain itu dalam masa proses pembuatan izinnya tim Veifikator dari KLHK harus melihat sendiri  proses operasionalnya ke RSUD Ulin sehingga harus menyesuaikan jadwal mereka. 

Untuk mendapatkan Insinerator yang berkualitas tidaklah mudah, perlu masa evaluasi yg cukup panjang, karena Insinerator tersebut terdiri dari beberapa perangkat mulai Chambernya sendiri, Burner, Blower, alat pengukur suhu dan Fasilitas Penangkap partikel pencemar udara. Semua perangkat tersebut harus dicoba kualitasnya karena harus mampu berfungsi secara maksimal agar ketentuan teknis dalam syarat untuk pengelolahan limbah B3 terpenuhi.Sehingga bila dalam masa uji coba dan masa perawatan ada perangkat yg tidak berfungsi sebagaimana mestinya maka harus segera diperbaiki atau diganti. itu semua bertujuan agar Insinerator dapat berfungsi dengan baik dalam proses pemusnahan limbah B3 dan emisi buangannya aman bagi lingkunga sekitarnya

Limbah B3 agar selalu berjalan dengan baik, SPO yang ditentukan harus benar-benar dilaksanakan dan pemantauan kualitas emisinya harus dilaksanakan dan dilaporkan kepada seluruh instansi terkait.